Saturday, June 23, 2012

Cara Cepat Mengiris Wortel_bentuk Korek Api/Julienne_a la Mari Singgah

Suka makan lumpiah, tapi males bikin karena males ngiris wortel bentuk korek api? (ahhh...ya beli aja lumpiahnya hehehe)
Suka makan salad seperti di hokben, tapi susah ngiris tipis tipis si wortel?


Menurut saya, ini cara yang mudah, cepat dan hemat (karena tidak ada bagian wortel yang tersisa dan terbuang).
Yaaa...memang....pasti perlu beberapa kali latihan supaya bisa mantap dalam mengerjakannya :)
Heyyy....practice makes perfect, guys :)

Peralatan & Bahan yang diperlukan :
  • Pisau tajam (untuk mempercepat kerja dan menghindari resiko kecelakaan*)
  • Talenan
  •  Wortel
Cara Mengiris :
  1. Kupas kulit wortel dan cuci bersih.
  2. Letakkan wortel dengan posisi horisontal (atau bisa juga 315 derajat) terhadap badan kita.
  3. Iris serong tipis tipis (ketebalan sesuai keperluan sendiri, mau dibuat seberapa tipis/halus, hasil irisan korek apinya nanti) dari ujung sebelah kanan, hingga sebanyak yang diperlukan.
  4. Biarkan hasil irisan tipis serong pada tempatnya, sesuai urutan hasil irisan tadi yang masih menyerupai sebuah wortel yang utuh (intinya jangan diacak untuk mempermudah langkah selanjutnya)
  5. Sedikit pipihkan tumpukan hasil irisan serong tipis, supaya tidak terlalu tebal dan mudah bagi kita untuk memegang dan mejaga supaya tumpukan irisan tidak tergelincir saat diiris nanti.

    Kiri - kanan atas - kanan bawah: langkah no.2,3 - 4 - 5
  6. Cara memegang tumpukan irisan tipis: telungkupkan tangan kiri diatas tumpukan irisan, pastikan semua irisan terjaga tidak tergelincir kesana kemari, sedikit bengkokkan buku buku keempat jari, supaya jari tidak teriris mata pisau, dan sekaligus untuk menahan irisan pisau / sebagai ukuran seberapa tebal irisan korek api yang diinginkan.
  7. Ibu jari berfungsi untuk menahan tumpukan irisan serong tipis, agar tidak tergelincir keluar dari tumpukan.
    Kiri - kanan : 6, 7 - 8
  8. Cara mengiris tipis :
    • posisikan dinding mata pisau menyentuh siku buku pertama jari tengah, seiring sambil mengiris, jalankan kekiri keempat jari, sejauh apa jari jari bergerak ke arah kiri itulah yang menjadi ukuran setebal apa hasil irisan korek api yang akan dihasilkan.
    • Gerakan mata pisau_usahakan ujung mata pisau berada pada level titik yang sama pada saat memulai mengiris, gerakan mata pisau nantinya adalah dari atas ke bawah, bukan maju mundur, dengan begitu bisa dilakukan gerakan memotong yang lebih efisien dan cepat :)
  9. Lakukan gerakan memotong tumpukan irisan wortel serong tipis dengan gerakan yang sekonsisten mungkin, maka akan didapatkan hasil irisan wortel korek api yang seragam :)
  10. Untuk membuat potongan wortel dadu kecil, hanya perlu tambahan satu langkah lagi, dari hasil potongan korek api, putar tumpukan korek api menjadi posisi horisontal, gunakan cara pegang seperti pada langkah no.6, lalu potong potong korek api setebal yang diinginkan :)
Mudah kannn????

* Mengapa menguragi resiko kecelakaan?
   Jika pisau tajam, maka sekali kita tekan pisau untuk mengiris, maka mata pisau akan langsung tertancap pada bahan yang akan kita iris, dan tidak tergelincir kesana kemari.
Mata pisau yang tidak tajam / kurang tajam, biasanya mempunyai resiko tergelincir yang lebih besar, jika cara memposisikan mata pisau dan tekanan pada pisau yang kita berikan tidak seimbang.

Selamat mencoba n semoga bermanfaat ya kawan :)

2 comments:

  1. Halo Admin http://metta-marisinggah.blogspot.com

    Kami dari Vemale.com, situs wanita grup dari KapanLagi.com.
    Apakah kita bisa kerjasama untuk bertukar link?

    Anda bisa menampilkan link Vemale.com di http://metta-marisinggah.blogspot.com
    Untuk posisi link-nya, kami berharap link dari Vemale.com diletakkan di sidebar kanan.
    Dan kami akan menampilkan link http://metta-marisinggah.blogspot.com di halaman Vemale.com: http://www.vemale.com/video-resep, sesuai dengan Kategori Video Resep.

    Jika berkenan silahkan menghubungi kami via email di humas@kapanlagi.net dengan menyertakan email ini.

    Terima kasih atas kerjasamanya :)
    Salam,

    -- Humas Vemale.com
    Ari Rahmawati

    ReplyDelete
  2. Hallo Ibu Ari Rahmawati, terimakasih sudah mampir di Mari Singgah. Saya sudah kirim email ke Ibu, silahkan dicek yaa :)

    ReplyDelete