Friday, June 17, 2011

Helpful BOY making Noodle

Hmmm...hari ini (baca 16 June 2011) mau buat homemade mie telor ahhh,
gara gara di tag fb sama Ci Theresia Puspasari, jadi ngiler pingin makan cwimie :)

A little hand who did a HUGE help, my Junior Chef  BOY 

Membuat mie hari ini terasa sangat tidak melelahkan....
padahal lantai dapur jadi licin semua, karena tepung tapioka bertebaran dimana mana.

Tapi tetap saja menyenangkan, bagaimana tidak, lha wong dapat bantuan tenaga menggiling oleh junior chefku, Benn Oliver Yapari, pokoknya jauh lebih cute and adorable daripada Jamie Oliver, biarpun sama sama Oliver dan sama sama suka berkarya didapur :)

My beloved cute chef

Kalau mami sedang 'berperang' di dapur, selalu saja Benn menghampiri.
Kadang hanya sekedar melihat, kalau tertarik dengan apa yang sedang mami kerjakan, langsung dehhh...tarik kursi mendekati mami, ditarik sendiri, naik kursi sendiri, demi bisa ngintip yang dikerjakan mami. "Mami.....I want to see you"
Tapiii....kalau ketahuan sedang buat mie....ga cuman pingin melihat saja, pasti langsung gagang gilingan dimonopoli deh.

Dikiranya dia sudah kuat seperti hercules :)

Melihat tampangnya yang ngeden karena tidak kuat memutar gilingan saat sudah lipatan adonan yang kesekian, kalau adonan yang baru dipipihkan sihh...ga lama lama, adonan sudah jadi tipis.

Pantang menyerah!!!

Melihat tampangnya yang ngeden karena tidak kuat memutar gagang gilingan saat sudah lipatan adonan yang kesekian, kalau adonan yang baru dipipihkan sihhh....ga lama lama, adonan sudah jadi tipis.

Setengah jalan menggiling adonan mie

Mendengar celotehannya yang menggemaskan, dan omelannya yang serius dan sangat berkeberatan saat menolak akan dibantu menggiling karena berat.
Mami: "Berat ya Benn? Mami bantu yaa" (tangan mami sembari mengulur mendekati gilingan.
Benn dengan telunjuk mengacung siaga menyambut uluran tangan maminya
Benn: "No Mami, I can do it myself"


Beberapa kali terlihat Benn kesusahan menggiling, tapi setiap kali ditawarkan bantuan selalu menolak
Benn: "Nooo....Mami! You go away...over there, in the kitchen. (sambil menunjuk kitchen sink). You're not doing this."


"Kok sekarang menggilingnya ditempat yang berbeda? Apa yang terjadi?"

Jadilah adonan 300 gram, semua Benn yang menggiling dari awal hingga akhirnya jadi berbentuk mie yang puanjaaanngggg :)

Resep Homemade Egg Noodle_a la Mami Benn

Karena homemade, ya bahan yang digunakan, seadanya saja, yang ada dilemari bahan aja :)
 
Bahan:
  • 300 gram Tepung Terigu Segitiga / Protein Sedang (kalau tidak salah harusnya Cakra / Protein Tinggi ya, tapi berhubung stock lagi kosong...ya yang ada aja dipakai...hehehee...tapi kenyal kenyul juga lho hasilnya *bangga*)
  •     2 butir Telur Ayam, ukuran sedang (1 kg kurang lebih 16 butir)
  • 1/3 sdt Garam
  • 20-30 ml Air
  •  50 gram Tepung Tapioka (untuk taburan / bedak supaya adonan tidak lengket di mesin penggiling mie)
 Cara membuat:
  1. Siapkan semua bahan dan wadah untuk mengaduk adonan.
  2. Timbang terpung terigu yang diperlukan, masukkan dalam wadah, beri garam, aduk hingga rata. Buat gunung tepung, lalu buat kawah ditengahnya.
  3. Masukkan telur kedalam kawah tepung, aduk aduk berputar satu arah hingga bercampur sedikit demi sedikit dengan tepung disampingnya, tambahkan air sedikit demi sedikit.
  4. Aduk dan uleni terus, hingga tepung bisa dibentuk menjadi satu bola / gumpalan (tidak harus kalis seperti adonan roti)
  5. Bagi adonan menjadi 5 bagian (untuk memudahkan membagi, gulung adonan seperti silinder, lalu potong menjadi lima bagian yang sama besar)
  6. Ambil satu bagian adonan, pipihkan, dan taburi sedikit tepung tapioka di kedua permukaannya, lalu giling dalam mesin giling penipis adonan mie, mulai dari nomor 1/ nomor yang paling kecil (baca: celah antar gilingan mie yang paling lebar/tebal)
  7. Keluar dari mesin giling nomor 1, lipat satu kali adonan, lalu giling lagi, lakukan berulang ulang (5-6 kali) supaya adonan menjadi halus dan mie yang dihasilkan nanti akan jadi kenyal. (jika sudah beberapakali lipat, adonan agak lembab, sebaiknya dibedaki lagi dengan tepung tapioka)
  8. Pada lipatan kali terakhir di gilingan nomor 1, usahakan berupa lipatan yang berbentuk persegi empat memanjang dengan lebar sekitar 3 cm (supaya nanti mie yang dihasilkan bisa panjaaaangggg), bedaki dengan tepung tapioka, sisihkan.
  9. Kerjakan langkah yang sama seperti diatas untuk sisa adonan 4 bagian yang lain.
  10. Tipiskan adonan hingga setipis yang disukai (hingga nomor 6 sudah menghasilkan mie yang cukup tipis)
  11. Jika semua adonan sudah ditipiskan, waktunya menggiling dengan gilingan pemotong mie, jangan lupa bedaki dulu dengan tepung tapioka, untuk menghindari adonan lengket pada gilingan pemotong.
  12. Mie yang sudah jadi (jika perlu ditaburi sedikit tepung tapioka, supaya tidak saling lengket satu sama lain) bisa dimasukkan dalam plastik per satu bagian, dan disimpan dalam lemari pendingin (bisa tahan 3-4 hari) hingga saatnya tiba untuk dimasak.

Happy Cooking :)

No comments:

Post a Comment