Sunday, June 3, 2012

Susu Kedelai

Asliii....kalau buat susu kedelai biasanya ga pernah ku takar.
Untuk kepekatan susu kedelai yang dihasilkan, biasanya masing masing orang berbeda.
Tapi kira kira...biasanya untuk 250 ml kedelai kering, air yang kugunakan sekitar 1,5 - 2 liter.


Bahan :
  • 250 gram Kedelai Kering
  • 1,5 - 2 liter Air bersih untuk menggiling
  • Optional : - Jahe 2 cm , kupas, cuci, geprek atau
  • 2-3 lembar Daun Pandan Wangi
  • Gula Pasir tepisah, hanya diberi saat akan minum

Cara Membuat :
  1. Rendam kedelai kering selama minimal 6 jam atau hingga kulit ari kedelai mudah dikupas. Mengupasnya dengan cara diremas remas menggunakan tangan hingga semua kulit kedelai terlepas. Akan diperlukan banyak air untuk proses ini.
  2. Siapkan air panas mendidih untuk digunakan saat menggiling kedelai.
  3. Masukkan kedelai ke dalam blender sesuai kapasitas masing masing blender Anda, tambahkan sebagian air panas mendidih dan sebagian air bersih biasa untuk menggiling kedelai hingga halus. (kira kira sendiri jumlah kedelai dan air supaya pas)
  4. Saring kedelai yang sudah diblender menggunakan kain sifon / coffee cloth, kedalam panci bersih, lakukan langkah 3-4 hingga kedelai dan air habis.
  5. Jika perlu, untuk memastikan tidak ada apas kedelai yang terbawa, saring susu kedelai sekali lagi dengan saringan yang bersih.
  6. Jerang susu kedelai diatas api besar hingga mendidih tapi tidak pecah (pada saat ini jangan sesekali meninggal panci susu kedelai Anda terlalu lama, kalau tidak ingin susu kedelai dalam panci mendidih luber dari panci). Jika susu kedelai sudah mendidih, api sudah bisa dimatikan dan tunggu hingga hangat untuk bisa diminum hangat hangat.
  7. Jika susu kedelai rencana hendak disimpan untuk beberapa hari kedepan. Setelah susu mendidih sekali, jangan matikan api, tapi kecilkan api paling kecil, jerang susu kedelai 5-10 menit lagi, lalu matikan api. tunggu hingga dingin, lalu pindahkan dalam botol penyimpan susu kedelai yang sudah di sterilkan sebelumnya. lalu simpan susu kedelai dalam kulkas.
* Sebaiknya susu kedelai disimpan tanpa rasa / tanpa gula, supaya bisa disimpan lebih lama.

Selamat mencoba :)  

2 comments:

  1. minum susu kedelai sehat ternyata. saya dirumah juga sering buat susu kedelai.. bermanfaat gan infonya untuk pengunjung. semoga tetap berbagi ilmu ya..

    ReplyDelete