Wednesday, September 25, 2013

Roti Tawar


Dari adonan roti tawar, bisa juga dibentuk untuk roti burger / hotdog
 "Katanya ga suka baking, tapi sekarang rajin bikin roti" begitu canda suami sayang kepadaku :)

Hehehehee....kalau tiap kali sehabis buat makanan, biarpun buatnya ga terlalu suka, tapi kalau yang makan semangat dan suka.....yaaa....masih ada tenaga lah buat melawan rasa males dan ga sukanya.

Kudu telpon Mama nihhh....minta resep andalannya :)

Bahan :
  • 350 gram Tepung Terigu Protein Tinggi
  • 150 gram Tepung Terigu Protein Sedang
  • 50 gram Gula Pasir
  • 25 gram Susu Bubuk
  • 50 gram Margarine / Butter
  • 1 butir Telur 
  • 250 ml Air Putih
  • 1 sachet Ragi (Fermipan/Mauripan 11 gram)
  • 1/2 sdt Garam
  • 1/2 sdt Bread Improver ( yang satu ini saya tidak pakai)
Cara Membuat * :
  1. Siapkan air, campur dengan fermipan hingga larut, sisihkan.
  2. Timbang tepung, gula, susu bubuk, masukkan dalam wadah jadi satu.
  3. Tambahkan telur dalam wadah, masukkan larutan air dan ragi**. Giling dalam mesin penggiling roti selama kurang lebih 8 menit, hingga semua bahan sudah menyatu. 
  4. Masukkan margarin dan garam (mesin penggiling masih bekerja), giling lagi 2-5 menit hingga adonan kalis dan tidak lengket di wadah. matikan mesin, keluarkan adonan dari wadah.
  5. Bagi menjadi 2 bagian, lalu bentuk menjadi bulatan bola halus. Sisihkan hingga mengembang selama 30 menit. Selagi menunggu adonan mengembang, tutupi adonan dengan baskom supaya tidak kering permukaannya.
    Bentuk adonan seperti bulatan bola halus, istirahatkan
  6. Olesi secara merata, 2 loyang cetakan ukuran 20 x 8.5 x 7 cm dengan margarin, sisihkan.
  7. Setelah 30 menit, kempiskan adonan hingga semua udara didalam adonan keluar. Bisa dengan cara di tinju dengan kepalan tangan atau di tekan menggunakan gilingan adonan (rolling pin)
    Kempiskan adonan, buang semua udara didalam adonan
  8. Giling adonan memanjang, dengan lebar kira kira 18 cm (tidak lebih lebar dari panjang loyang). Jangan lupa sesekali bedaki adonan dan dibolak balik, supaya tidak lengket.
    Tipiskan adonan dengan ukuran lebar yang sesuai ukuran loyang
  9. Setelah didapat satu lembar adonan yang mulus, lalu adonan bisa langsung digulung, atau diberi variasi isi sebelum digulung.
    Olesi lembaran adonan dengan campuran telur + susu, taburi dengan wijen, atau isi adonan dengan keju parut atau kismis atau coklat chip
  10. Cara menggulung: lipat kedepan, 1 cm adonan dari yang paling dekat dengan badan. Lipat padat, lalu gulung adonan kedepan (menjauhi badan), sambil sesekali agak ditarik mendekati badang, supaya gulungan benar benar padat, dan roti tawar matang nanti tidak berongga (bolong) besar. Gulung hingga sampai pada ujung satunya, lalu jimpit jimpit kecil, supaya sambungan adonan menyatu dan tidak gampang lepas dan terbuka.                                                                                                   
    ki-ka : lipat 1 cm - gulung - gulung dilihat dari arah berlawanan
  11. Masukkan adonan dalam loyang yang sudah disiapkan. Olesi semua permukaan adonan dengan campuran telur kocok lepas dan sedikit susu (atau tanpa susu), beri topping jika diinginkan.
    Adonan yang sudah digulung, siap dimasukkan loyang, dan diolesi campuran telur + susu
  12. Sisihkan dan taruh dalam tempat yang hangat untuk membantu adonan cepat mengembang (kurang lebih 30-45 menit, tergantung suhu ruangan tempat mengembangkan adonan)
    Roti tawar siap diistirahatkan hingga mengembang
  13. 15 menit sebelum waktu mengembangkan adonan usai, panaskan oven, dengan suhuh 180-190 derajat celcius.
  14. Jika adonan sudah mengembang (kurang lebih 2 kali ukuran saat selesai dibentuk), segera panggang dalam oven yang sudah dipanaskan selama 20-25 menit.
    Adonan yang sudah mengembang setelah diistirahatkan
  15. Jika roti sudah matang, keluarkan dari oven, dan selagi panas, olesi permukaan roti dengan butter / margarine, supaya roti terlihat mengkilap dan memberi kelembaban pada kulit roti.
    Ouchhh....api atasnya kepanasan, lupa nutupin pakai alumunium foil***..jadi gosong deh :)
  16. Keluarkan roti dari loyang, dan biarkan dingin. Jika ingin memotong roti, tunggu hingga roti benar benar dingin, supaya hasil potongan rapih dan bentuk roti tawar bagus.

Selamat Mencoba 

*  Jika tidak punya Bread Machine / Bread Maker, buatlah setengah resep saja, supaya tidak terlalu berat saat menguleni secara manual ataupun menggunakan hand mixer 
** Jika menggunakan hand mixer, setelah bahan kering dicampur air fermipan, lalu aduk aduk dulu menggunakan tangan atau spatula,  hingga semua bahan kering sudah tercampur rata (tidak perlu kalis). Setelah itu baru nyalakan hand mixer dengan pengaduk spiral.
*** Saat mengmanggang, jika api atas terlalu panas hingga bagian atas roti sudah agak coklat, sementara waktu panggang masih setengahnya, tidak perlu kecilkan api, tapi tutupi bagian atas roti menggunakan alumunium foil / kertas roti, supaya roti tidak menjadi gosong.

No comments:

Post a Comment