Thursday, October 13, 2011

Nasi Kuning (Ricecooker)

Gara gara melihat foto nasi kuning buatan Cookmary Maria Magdalena di facebook-nya.
Terimakasih sudah sharing resep dan cara membuat nasi kuning dengan ricecooker C Maria :)

Papi's portion

Saya jadi pingin juga mencoba membuat nasi kuning sendiri.
Soalnya sudah lama juga tidak pernah makan nasi kuning, jadi kangen :)

Pas banget, hari ini (Rabu, 12 October 2011) Papi Benn sedang ngantor dari rumah, jadi pagi pagi saya bisa pergi ke pasar sebentar.

Ahhh....dibanding pergi ke Grand Indonesia...saya lebih bahagia kalau pergi ke pasar, apalagi bisa mendapatkan bahan bahan makanan yang segar dan bervariasi....hilang penat deh :) (*bukan berarti ga suka nge-mall sih, tapi lebih berasa senang kalau ke pasar...hahaha....ahhh....kampungan kali aku ini ya*)

Sampai rumah jam 09.00....sippp....Benn belum bangun, jadi bisa sedikit beberes belanjaan dulu di dapur.

Semua belanjaan sudah disimpan dan bahan yang akan dipakai untuk memasak menu hari ini sudah disiapkan  :) .... sarapan jagung rebus dulu deh, biar ga pingsan sebelum berperang dengan suthil, pisau dan kawan kawannya.

Sudah kenyangggg.....Benn juga sudah bangun dan sudah sarapan, kemudian asyik main sendiri.
Siap siap masak dehhhh, udah jam 10.30 nih, Nasi Kuning, Daging Lapis, dan Kering Tempe n Kentang :)

Oh nooo....sedikit insiden....
perasaan kemarin sudah bookmark resep nasi kuning dari C Maria, kenapa sekarang saat diperlukan, mendadak hilang dan tidak bisa ditemukan :(

Ahhh...sudahlah....takarannya dikira kira aja, pokoknya bahan yang diperlukannya kira kira sudah masuk semua.
Ready or not....here I cook ^_^

NASI KUNING

Bahan :
  • 250 gram Beras, cuci bersih, tiriskan
  • 1 ruas Kunyit, kira kira sebesar jari kelingking, parut/uleg, campur sedikit air n saring (air kunyit untuk mewarnai beras)
  • 1 iris Jeruk Nipis (1/8 bagian jeruk nipis utuh)
  • 1 batang Sereh
  • 1-2 lembar Daun Jeruk
  • 1 lembar Daun Salam (kemarin saya tidak pakai, karena ga punya stok hihihii)
  • 400 ml Santan Sedang
  • 100 - 200 ml Air Putih (200 ml kalau suka nasi yang agak lembek)
  • sejumput Garam
Cara membuat:
  1. Siapkan santan yang akan digunakan (kemarin saya memakai santan asli n tawar, kalau memakai santan instan mungkin takaran santan harus disesuaikan, karena santan instan adalah santan kental, jadi proporsi air dan santan perlu disesuaikan)
  2. Rendam beras yang sudah dicuci bersih dengan campuran air kunyit dan jeruk nipis selama kurang lebih 15 - 30 menit, kemudian tiriskan, jangan dicuci lagi.
  3. Masukkan beras kedalam rice cooker, tambahkan garam, daun jeruk daun salam, sereh digeprek, santan dan air sekaligus, aduk aduk sedikit.
  4. Nyalakan rice cooker seperti biasanya Anda memasak nasi.
Ta-rraaa......Nasi Kuning sudah masak ^_^

Sementara menunggu nasi kuning sedang dimasak di rice cooker, Daging Lapis sudah dibumbuin dan dimasak di panci presto.

Sembari nunggu panci presto dingin, goreng goreng tempe dan kentang, dan campur dengan cabe uleg ^_^

Teng tong....pas jam 12.00 semuanya sudah masak.

"Papi...Benn....it's time to eat now"

Benn's portion

Have a great meal everybody ^_^

3 comments:

  1. Metta kenapa air kunyitnya gak dicampur bareng santan jadi nasinya lebih kliatan kuning?

    ReplyDelete
  2. Bisa juga begitu ya C Ratna?
    takut jadi terlalu berasa kunyit ntar, kalau cuman direndam di berasnya, setelah warna beras jadi kuning kan airnya bisa dibuang, jadi mungkin lebih tidak berasa kunyit hehehe
    C Ratna biasa bikin langsung campur santan ya?

    ReplyDelete