Thursday, September 1, 2011

Stir Fried Pork Neck Korean Style or Stir Fried Apple Pork in Oyster Sauce


Dalam resep ini daging yang digunakan adalah daging babi bagian leher tanpa kulit.
Untuk yang tidak mengkonsumsi daging bagi, bisa diganti dengan daging dada ayam atau daging paha ayam tanpa tulang (menurut saya bagian paha ayam lebih juicy)

Bahan :
250 gram Daging Babi bagian Leher (menurutku lebih juicy daripada tenderloin, karena ada lemak2nya n sedikit otot), digebukin dulu terus dipotong kira kira 2 x 2 x 1 cm.
1 Bawang Bombay sebesar telur ayam, atau sesuai selera, diiris panjang. (atau lebih juga boleh)
100 gram Button Mushroom / Shitake Mushroom Fresh, diiris sesuai selera (seperti bawang bombay)
6 - 10 siung Bawang Putih diiris tebal tebal memanjang (bisa lebih banyak kalau suka)
Bisa juga ditambahi potongan Paprika, diiris panjang panjang juga.*
2 batang Bawang Pre, di iris setebal 1/2 cm miring
2 sdm Minyak goreng untuk menumis

Bumbu :
2 sdm Kecap Asin
2 sdm Kecap Manis
1 sdt gula
Garam Merica untuk menyesuaikan rasa
3-4 sdm minyak wijen


Cara membuat :
1. Campur bumbu dengan semua bahan kering, sesuaikan rasa, simpan dalam kontainer, diamkan beberapa jam sebelum saat dimasak, paling tidak 1-2 jam, supaya bumbu bisa meresap n proses pengempukan daging bekerja.
2. Kalau mau buat sekaligus banyak, untuk kemudian disimpan di freezer dan dimasukkan plastik per porsi sekali makan, lebih baik, button mushroom dipisah saja, pada saat mau memasak baru di potong n dicampur.
3. Jika sudah siap dimasak, panaskan penggorengan teflon, beri minyak untuk menumis, masukkan setengah bagian daging yang sudah direndam (atau tumis button mushroom dan tambahan bawang putih lebih dulu baru masukkan campuran daging) kedalam wajan.
4. Tumis dan sesekali aduk, karena ada gula dan kecap manis, mungkin daging akan lebih cepat gosong, karena itu besar api harus diperhatikan dan di sering diaduk, supaya permukaan yang kena panas gantian, dan matang merata. Sesuaikan rasa dengan garam jika kurang asin.
5. Pertanda matang, semua permukaan kulit sudah berubah warna, atau kalau mau gampang ya diambil sepotong, terus coba iris, kalau bagian dalam sudah tidak merah lagi, ya berarti sudah matang.
6. Sebaiknya tidak memasaknya terlalu lama, overcooked, karena daging akan menjadi keras dan tidak juicy :):)

Selamat mencoba yaaa ^_^

Tips n tricks :
  1. Daging bisa diberi bubuk pengempuk sesuai takaran, atau pengempuk alami seperti parutan Nanas (1 sdt lbh cepat membantu pengempukannya ketimbang Pear n bubuk pengempuk) atau Pear (1 sdm).
  2. * Kalau mau versi yang Tumis saus tiram n apple, Stir fried Apple Pork in Oyster Sauce, saat menumis setengah matang, baru masukkan irisan apel, supaya tidak overcooked tapi sempat layu.
  3. Saus tiramnya tinggal disiram diatas daging dalam piring. (1 sdm saus tiram, 75-100 ml air, didihkan, kentalkan dengan maizena. masak hingga mendidih, siram diatas daging.)

No comments:

Post a Comment