Wednesday, February 29, 2012

Homemade Yoghurt

Sudah lama tahu sebetulnya, kalau yoghurt bisa dibuat sendiri di rumah.
Tapi kok rasanya ngebayangin saja ribet banget kerjaannya, mesti suhunya terjaga, biangnya dapat darimana dan yang bagaimana juga ga ada gambaran. Jadi ga terlalu antusias untuk mencobanya, meskipun dibilang gampang buatnya.

Yum yummm...akhirnya jadi juga praktik buat Yoghurt Rumahan

Beberapa hari lalu, di grup ibu ibu yang hebat nan berisik, seorang teman membahas mengenai Homemade Yoghurt, thanks to Suzanna Setiawaty, karena dia, saya jadi bersemangat untuk mencoba membuat yoghurt dengan perlatan seadanya di rumah (karena memang tidak punya yoghurt maker).

Bahan bahan:
  • 500 ml Fresh Milk Indomilk (nanti akan dibagi 2 wadah)  
  •  3 sdm Kultur Hidup Yoghurt (coba Bulla n Yummy) 

Cara Membuat:
  1. Sterilkan semua peralatan yang akan dipakai untuk membuat dan menyimpan yoghurt. (Siram / rebus dalam air mendidih)
  2. Panaskan fresh milk hingga mencapai suhu 40 derajat celcius, atau jika susu diteteskan dalam telapak tangan, masih terasa panas tetapi tidak membuat tangan terbakar.
  3. Campurkan kultur hidup yoghurt dalam susu hangat, aduk rata, lalu pindahkan dalam wadah yang akan digunakan untuk menyimpan, tutup rata dan masukkan dalam termos tahan panas.
  4. Bungkus termos dengan kain bersih, letakkan dalam tempat hangat. Biarkan proses inbukasi terjadi selama 6-8 jam. Selama proses ini, jangan pindahkan termos, supaya proses inkubasi berjalan baik.
  5. Setelah 8 jam, susu hangat sudah akan mengental dengan tekstur yang lembut, dan siap disantap atau dimasukkan lemari es untuk didinginkan atau disimpan.
Peralatan yang saya gunakan untuk menyimpan susu selama proses inkubasi ini adalah Vacuum Flask, semacam termos vakum yang bisa menyimpan makanan / minuman dan mempertahankan panas / dingin selama kurang lebih 24 jam.


Tempat hangat untuk menyimpan termos selama proses inkubasi, saya letakkan diatas kulkas saja, sepertinya disitu tempat yang lumayan hangat sepanjang hari.



Dan setelah 8 jam, taraaa....hasilnya...susu hangat sudah berubah mengental dan licin permukaannya, teksturnya juga lembut. Siap dimasukkan lemari es, untuk disantap dingin dicampur dengan aneka buah :)

Selamat Mencoba Kawan ^_^

No comments:

Post a Comment