Sunday, April 22, 2012

Saus TomaNion

Terbuat dari buah tomat segar dan bawang bombay, rasanya manis dan sangat lembut dilidah


Resep Percobaan I:

Bahan :
  • 500 gram Tomat Segar
  • 100 gram Bawang Bombay
Cara Membuat :
  1. Didihkan air dalam panci yang cukup untuk memuat 500 gram tomat.
  2. Cuci bersih tomat, belah jadi 2 bagian, masukkan dalam air mendidih selama 2- 3 menit, angkat tiriskan dan dinginkan.
  3. Kupas bawang bombay, iris kecil kecil, masukkan dalam blender, masukkan tomat rebus yang sudah dingin kedalam blender, giling hingga halus (jika perlu tambahkan sedikit saja air, cukup untuk bisa memutar blender saja)
  4. Siapkan panci bersih, saring jus tomat bawang bombay diatas, panaskan jus yang sudah disaring, hingga kadar air berkurang.
Untun resep ini, saos tomat yang dihasilkan ada sedikit bau langu dari kulit yang sekaligus diblender jadi satu tanpa dikupas.

Resep Percobaan II :

Homemade Tomato Sauce with Onion

Bahan :
  • 500 gram Tomat Segar
  • 100 - 150 gram Bawang Bombay
  • 1 siung Bawang Putih
  • 2 sdm Olive Oil
  • 3 sdt Gula Pasir (sesuai selera)
  • 1 sdt Garam
Cara Membuat:
  1. Siapkan panci untuk mendidihkan 1 liter air.
  2. Cuci bersih tomat segar, buang bagian bekas dahan dengan cara ditoreh melingkar dengan pisau runcing kemudian dicongkel keluar, toreh bagian ujung bawah tomat seperti huruf X.
  3. Jika air sudah mendidih, masukkan tomat yang sudah ditoreh dan dicungkil, matikan api, pstikan semua tomat terendam air mendidih selama 3-5 menit atau hingga kulit tomat merekah dan terbuka sehingga mudah untuk dikupas.
  4. Siapkan penggorengan dengan minyak olive, panaskan api sedang, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga layu, masukkan gula dan garam, hingga gula meleleh lalu matikan api.
  5. Iris tomat tanpa kulit, masukkan blender beserta tumisan yang sudah layu.
  6. Blender hingga halus, tanpa menambahkan air lagi.
  7. Keluarkan tomat yang sudah diblender halus, masak lagi dalam penggorengan hingga kekentalan yang diinginkan.
  8. Jika ingin saus tomat yang agak cair, jangan jerang terlalu lama sehingga masih ada kandungan airnya, kemudian bisa dikentalkan menggunakan larutan sagu / tapioka.
  9. Jika ingin saus tomat yang berbentuk pasta, jerang lebih lama hingga kadar air sangat sedikit.
  10. Untuk menyimpan saus tomat yang sudah jadi, cuci bersih dan sterilkan wadah / botol kaca yang akan digunakan dengan cara merebusnya dalam air mendidih. 
  11. Masukkan saus Tomanion saat masih panas kedalam botol steril, tutup mulut botol dengan tissue, lalu rendam botol dalam air untuk membantu mempercepat proses pendinginan. Jika sudah dingin sempurna, tutup botol rapat rapat, lalu simpan saus Tomanion dalam lemari pendingin untuk digunakan kemudian hari.
Selamat Mencoba :)

No comments:

Post a Comment